Jum’at, 11 November 2022 -13:39
Institut Teknologi Telkom Surabaya (IT Telkom Surabaya) melalui Program Studi Teknik Logistik melakukan salah satu tridharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat di wilayah Bareng Raya, Malang. Sasaran kegiatan pengabdian kali ini yaitu meningatkan strategi branding pada pembentukan kelompok usaha tepatnya UMKM. Beberapa UMKM yang terlibat didalamnya, diantaranya UMKM barbershop, pendagang sayur, reparasi sepatu, serta catering. Kegiatan pengabdian masyarakat tersebut dilatar belakangi oleh aspek pemasaran yang sulit, serta adanya pandemi Covid-19 yang mempengaruhi penurunan daya beli konsumen.
Dalam mengatasi permasalahan tersebut tentunya dibutuhkan alternatif yang mengatasi sulitnya pemasaran agar dapat menarik konsumen sehingga usaha yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Oleh karenanya, dibutuhkan berbagai dukungan serta pemanfaatan dan pengoptimalan teknologi komunikasi dan infomasi.
Tim Pengabdian Masyarakat Prodi Teknik Logistik IT Telkom Surabaya melaksanakan pengabdian masyarakat yang berfokus pada peningkatan nilai secara digital dengan memberikan akun sosial media bagi UMKM barbershop, dan pedagang sayur. Serta berbagai peralatan yang dapat mendukung UMKM tersebut, seperti peralatan potong dan cukur rambut, kulkas, peralatan reparasi sepatu, banner dan lain-lain.
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat IT Telkom Surabaya Desita Nur Rachmaniar S.T., M.Sc. mengatakan bahwa salah satu peningkatan kelompok usaha atau UMKM adalah dengan meningkatkan strategi branding. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan sosial media juga penerapan fasilitas yang menunjang bagi suatu kelompok usaha. “Bantuan fasilitas dan juga llmu digital marketing oleh tim pengabdian masyarakat ITTS membantu meningkatkan kinerja UMKM kami” Ujar Ketua RT Bareng Raya, Malang.
Alat dan fasilitas yang diberikan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja serta branding kelompok usaha di wilayah tersebut. Penyerahan bantuan secara simbolis juga dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat sebagai bentuk apresiasi terhadap beberapa pihak yang turut berkontribusi dalam kegiatan peningkatan pembentukan kelompok usaha dan strategi branding.